Monday, February 6, 2017

HIDUP YANG BERARTI DI HADAPAN TUHAN

Kebenaran
HIDUP YANG BERARTI DI HADAPAN TUHAN
Lukas 13:6-9
"Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma"!



Perumpamaan tentang pohon ara yang tidak berbuah.
    Dengan tegas Yesus berkata kepada pemilik Kebun:"Tebanglah pohon ara ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma"!
Namun Situkang kebun berkata kepada Yesus:"Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya,mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"
Dari peristiwa ini kita dapat belajar tentang bagaimana Hidup maksimal. Situan sebagai pemilik kebun itu tetap pelihara pohon ara miliknya,dipupuk, digemburi tanahnya bahkan mungkin sipemilik kebun ini menyirami setiap saat. Supaya harapan sipemilik kebun itu tercapai hingga berbuah di tahun depan sesuai janji yang telah di sepakati antara sepemilik kebun itu dengan Yesus. jika tidak berbuah maka paohon ara ini akan di tebang pohonnya. Banyak Peristiwa yang kita lihat yang terjadi dalam hidup kekristenan kita,yang hanya menyia-nyiakan hidup di dunia yang telah Tuhan berikan kepada kita,ternyata hidup kita harus berbuah dan dapat memberikan hasil. Namun,bukan hanya berbuah dan memberikan hasil,kebanyakan kita hidup dalam kesia-siaan dalam arti Tidak bertumbuh dan tidak ingin hidup maksimal didalam Tuhan. Dari perumpamaan ini kita dapat belaja dari beberapa poin-poin:

 1. Pohon ara
Pohon ara adalah merupakan Pohon yang sangat besar yang akarnya merambat begitu dalam di tanah, Pohon ini merupakan pohon yang sangat kuat sehingga pohon ini dapat menahan badai yang datang mengombang-ambingkan. Pohon ini juga dapat memberikan buah yang manis dan semua dapat menikmatinya, dibawah pohon ini dapat berlindung dari hangatnya sinar matahari. Begitu halnya Hidup kita ibarat Pohon ara yang bertumbuh semakin memberikan dampak bagi setiap orang yang berada di sekita kita. Apabila kita hidup dan berakar dalam kebenaran Firman Tuhan dan melakukannya kita akan bertumbuh lebih dewasa Rohani. ingatkah saudara sewaktu bayi,orang tua kita memberikan makanan,minuman,pakaian merawat kita hingga bertumbuh menjadi dewasa namun orang tua juga mengharapakan anak yang dewasa ini berbuah dan memberiakan hasil. sebaliknya bagaimana kalau si anak yang sudah dewasa tidak berbuah dan tidak memberikan hasil?? orang tua tersebut pasti kecewa apalagi kelakuan si anak yang dewasa tadi terpengaruh terhadap pergaulan yang salah terus bagaimana terhadap nasip si anak ia tidak akan lagi dapat memberikan pengaruh yang baik didalam keluarga bahkan terhadap orang-orang di sekelilingnya. Pengertian dari ilustrasi tersebut ialah kita harus dapat memberikan pengaruh yang baik selama kita hidup. bertindak hati-hati dan tetap melakukan yang benar sesuai kebenaran Firman Tuhan. Kita adalah Milik Tuhan namun yang mengurus  ladang tersebut adalah Yesus, Yesus telah memberikan yang terbaik dalam hidup kita aleh sebab itu janganlah kita menyia-nyiakan hidup.
2. Tuan ( Sipemilik Kebun)
Sipemilik kebun yang tekun mengurusi kebun itu,di pupuk dan tanahnya di gemburkan supaya pemilik kebun ini memperoleh hasil yang baik.  banyak wadah yang di persiapkan Tuhan supaya kita dapat bertumbuh dalam kebenaran Firman Tuhan,Gereja dan komunitas agar kita dapat bertumbuh dewasa dan dapat memberikan dampak yang baik kepada setiap orang yang berada di sekeliling kita. Apabila kita tetap tinggal dalam kebenaran-Nya kita pasti beroleh hidup yang meksimal...Mau hidup maksimal??? Tinggallah dalam kebenaran Firman,Gereja dan Komunita orang percaya.

SEBAB AKIBAT APABILA KITA BERLAKU BENAR ATAU SALAH DIHADAPAN TUHAN
Pernahkah anda memperhatikan hidup anda,telah sejauh mana anda melangkah dan berapa lama lagi anda hidup di dunia ini dan sudah berapa banyak anda memberikan waktu anda kepada Tuhan, ini adalah bagian yang terpenting yang harus anda pikirkan selama anda hidup,jika anda tidak memikirkan hal demikian maka hidup anda tidak ada berarti. Namun Tuhan tetap membuka kesempatan bagi anda untuk memikirkan hal tersebut,berbaliklah jika semua tidakanmu salah. Karna sesungguhnya Dunia ini adalah miliknya dan kita semua pun milik Tuhan, maut pasti datang badai pasti datang dan penghukuman pun pasti akan datang. Namun Tuhan berkata: Orang-orang yang Tinggal dalam kebenaran Firman Tuhan tidak akan tergoyahkan atau tergoncangkan sebab aku menyertai mereka sampai akhir zaman.
  Demikian Renungan ini semoga bermanfaat bagi saudara-----Tuhan Yesus Memberkati


 

No comments:

Post a Comment