Saturday, March 4, 2017

Hal Mengumpulkan Harta


(Matius 6:19-24)
 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu. Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan
membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.“

Berdasarkan ayat di atas, jika ada orang bertanya kepada Anda, “harta apa yang telah anda miliki sekarang?” Jawabannya sangat mudah,mungkin anda bisa menjawab apa harta yang terlihat secara materi seperti uang yang banyak,rumah mewah, mobil mewah atau tanah berhektar-hektar kita akan fokus kepada harta Dunia, namun Yesus telah menegaskan bahwa "Janganlah kamu mengumpulkan harta dibumi."
Di manapun Anda menyimpan harta  Anda, di situlah hati Anda berada. Contoh Apakah Anda ingin memiliki ketertarikan terhadap investasi reksa dana? Silahkan investasikan uang anda. Pada saat Anda membeli saham reksa dana tersebut, Anda akan memiliki ketertarikan dengan harga saham reksa dana tersebut dan segala hal yang berhubungan dengan saham tersebut. Jika harta Anda tidak berada di sana, maka Anda tidak akan peduli dengan apapun yang terjadi dengan saham Reksa dana tersebut.
Di mana Anda menyimpan harta serta memilih dengan siapa Anda menghabiskan waktu Anda menunjukkan prioritas hidup Anda. 
Anda dapat berkata bahwa Anda mengasihi Yesus tetapi jika Anda tidak menghabiskan waktu bersamaNya, maka dapat dipastikan bahwa Anda tidak benar-benar mengasihiNya. Anda dapat dengan mudah berkata bahwa Anda sangat mengasihi anak-anak dan istri/suami Anda, tetapi apakah Anda menghabiskan waktu Anda bersama mereka? Tidak? Berarti Anda tidak benar-benar mengasihi mereka sebagaimana yang selama ini Anda pikir bahwa Anda mengasihi mereka. Mungkin sebagian Anda berkata bahwa Anda sangat ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, tetapi apakah Anda berolahraga dan melakukan latihan-latihan pembentukan tubuh? Tidak? Berarti Anda tidak benar-benar ingin memiliki tubuh ideal Anda
Inti dari semua ini bukanlah mengenai apa yang Anda katakan, tetapi apa yang tercermin dari tindakan keseharian Anda. Mari kita lihat gambaran tentang apa yang benar-benar penting bagi seseorang. Lihatlah jadwal kegiatan mereka, lihat buku rekening tabungan mereka. Bagaimana kita menghabiskan waktu dan menggunakan uang kita menunjukkan kepada publik apa yang benar-benar penting bagi kita.
Mudah saja bagi Anda untuk berkata, “Ini benar-benar penting bagi saya,” tetapi jika Anda tidak memberikan waktu terbaik Anda atau menggunakan uang Anda untuk hal itu, maka sejatinya hati Anda tidak benar-benar berada di situ.
Ketika Anda memberi persembahan kepada Tuhan? Tahukah Anda di mana hati Anda berada? Hati Anda terpaut pada Tuhan. Kedekatan dan keterikatan tersebut membuat Anda semakin dekat dan ingin mengenal-Nya lebih lagi. Harta, kehormatan dan semua yang anda miliki Tuhan tidak tertarik, Tuhan hanya tertarik bagaimana hati anda senantiasa bersama-Nya setiap saat.

No comments:

Post a Comment