Monday, February 6, 2017

BELAJAR DARI KESALAHAN



Amsal 27:5;Amsal 28:13

"Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi."


Pengajaran

Pribadi yang tidak dewasa  mencoba mencari alasan kegagalan mereka. Mereka menyalahkan orang lain atau Tuhan.Saat mereka dikritik, mereka melihatnya sebagai serangan terhadap pribadinya,menyerang balik dengan kemarahan.Emosi yang masih bayi lebih mementingkan mempertahankan Ego sendiri daripada bertumbuh. Dipihak lain, pribadi yang dewasa dengan baik menerima kritik,jujur menilai hidupnya dalam terang Firman Tuhan dan bergantung pada Roh Kudus untuk membawa perubahan yang di inginkan. Dia melihat usulan orang lain sebagai bagian dari rencana Tuhan untuk mendewasakan dia. Sifat seperti itu akan menolong mengatasi ketegangan dalam KEHIDUPAN.

 Daripada bereaksi seperti anak kecil: "kamu tidak pernah menghargai apa yang saya lakukan".

 Pribadi yang dewasa akan berkata: "Terima kasih atas usulan anda. Dengan pertolongan Tuhan saya akan mencoba mengembangkannya". Pribadi dewasa juga hati-hati dalam mengusulkan sesuatu. Dia akan menunggu sebentar untuk saat yang tepat, menjaga sikap kasih dan menghargai, dan usulannya ditemani dengan pujian dan dorongan.


                                          Tuhan Yesus memberkati dan semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment